SPORTIVITAS DAN AKHLAK

  • Dede Nurodin STKIP Sebelas April Sumedang
Keywords: Sportivitas, Akhlak

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk membahas sportivitas dan akhlak. Melihat fenomena-fenomena yang ada saat ini, semakin banyak hal atau peristiwa negatif yang terjadi di masyarakat yang muncul terkait dengan sportivitas dan akhlak yang dilakukan oleh segelitir orang, sehingga berakibat tidak baik bagi dirinya, keluarga, masyarakat, agama dan negara. Peristiwa tawuran yang dilakukan remaja seperti tawuran antar suporter atau geng motor, kekerasan dalam rumah tangga, perampokan, pemerkosaan, pembunuhan, sek bebas, mengkonsumsi obat terlarang atau minuman keras, korupsi dan pekerjaan tercela lainnya seakan menjadi sebuah solusi dari masalah yang terjadi dalam kehidupan bagi si pelakunya. sportivitas adalah sikap dan prilaku seseorang  menyangkut baik atau buruk, benar atau salah, taat atau tidak terhadap aturan yang berlaku dan ditetapkan dalam suatu pertandingan. Akhlak berasal dari bahasa Arab jama’ dari bentuk mufradatnya “khuluqun”yang berari budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabiat. Sedangkan menurut istilah adalah pengetahuan yang menjelaskan tentang baik dan buruk (benar dan salah), mengatur pergaulan manusia, dan menentukan tujuan akhir dari usaha dan pekerjaannya. (habibah 2015: 73).


Abstract views: 28 | PDF downloads: 10

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur ’an dan terjemahannya, Waqaf dari Pelayanan Dua Tanah Suci Raja Fahd Bin Abdul Aziz Al-Suud, 1424 H, Mujamma’ Al-Malik Fahd Li Thiba’at Al- Mush-haf Asy- Syarif Madinah Munawwarah P.O Box 6262, Kerajaan Saudi Arabia.
Abdullah Aidid, 2006, Akhlak, Yogyakarta, Penyiaran Islam.
Ahmad Amin, 2004. Ethika (Ilmu Akhlak), Terjemahan Ma’ruf , Jakarta, Bulan Bintang. Al-Bukhari, 2003, Kitaabul adaabil Mufarrad, Tasyqend, Mathba’ah Ufset.
Hartono suko 2015. Tingkat sportivitss atlet sepakbola PD PORAB Sleman. Prodi kepelatihan olahraga fakultas ilmu keolahragaan. Yogyakarta.
Rahim Husni, 2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, PT Logos Wacana Ilmu, Jakarta.
Rahmat djatnika, 2005.Sistem Ethika Islami (Akhlak Mulia), Pustaka Panjimas, Jakarta.
Marzuki, 2015. Prinsip dasar akhlak mulia,Fise, Yogyakarta.
Published
2018-12-05
How to Cite
Nurodin, D. (2018). SPORTIVITAS DAN AKHLAK. Al - Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 1(1), 98-110. Retrieved from https://jurnal.staisebelasapril.ac.id/index.php/almujaddid/article/view/18