REKONSTRUKSI PERAN ORANG TUA SEBAGAI MUROBBI DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI TAUHID PADA ANAK

  • Ela Hodijah N STAI Sebelas April Sumedang
Keywords: Reconstruction of the Role of Parents, Murobbi, Internalization of Tauhid Values

Abstract

Pada umumnya, pendidikan dalam rumah tangga bukan berpangkal tolak dari kesadaran dan pengertian yang lahir dari pengetahuan mendidik, melaikan karena secara kodrati suasana dan struktunya memberikan kemungkinan alami membangun situasi Pendidikan. Fenomena yang terjadi justru peran para orang tua kurang terkait atau kurang concern terhadap persoalan bagaimana memposisikan diri sebagai murobbi yang membantu anak-anak memiliki rasa keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Metode Penelitian menggunakan pendekatan data kualitiatif jenis studi fenomenologi yang kemudian dideskripsikan sesuai dengan fokus kajian penelitian. Sumber data primer maupun sekunder dikumpulkan dari literasi, observasi, dan survey di lingkungan TK Mutiara Hikmah Cihaur Paseh Sumedang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, interview, dan kajiaan pustaka. Teknis analisis data menggunakan trianggulasi data.Hasil bahwa rekonstruksi peran orang tua sebagai murobbi menjadi hal yang penting untuk dilakukan, sehingga orang tua mampu mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif, informatif menjadi “makna” dan “nilai”.  Internalisasi nilai Ketauhidan sebagai materi ajar  yang pertama dan utama seperti dalam Quran surat Luqman ayat 12. Nilai Tauhid atau keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa tersebut selanjutnya menjadi sumber motivasi bagi anak-anak untuk bergerak, berbuat, berperilaku, dan berinteraksi social secara kongkret-agamis dalam kehidupan praktis sehari-hari.


Abstract views: 685 | PDF (BAHASA INDONESIA) downloads: 162

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Zakaria. Terjemah Tarbiyah An-Nisaa Panduan Lengkap Bagi Wanita Shalihah. Garut, Ibn Azka Press. Tahun 2003, hal. 229.
A.Zakaria. Pokok-pokok Ilmu Tauhid Jilid Pertama. Garut, Ibn Azka Press. Tahun 2005, hal.7-12.
Abd Al-Rahman Al-Nahlawi. Ushul Al-Tariyyah al-islamiyyah wa asalibuha, dalam Karman, Ayat-ayat Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosda karya. Cet, 1 tahun 2018, hal 89.
Ahmad bin Taimiyah. TT. Majma'ah at-Tauhid Beirut: Darul Fikr.
Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung, PT Remaja Rosda Karya. cet.. Tahun 1991, hal.190.
Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Tahun 1991, hal 187.
Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Tahun 1991.
Al Quran. Penyusun Kementerian Agama Republik Indonesia. Terjemah Makna Al-Quran Bahasa Indonesia. Wakaf. Raja Salman Arab Saudi. Kompleks Percetakan Al-Quran Raja Fahd. Madinah Al-Munawarah.
Bambang Syamsul Arifin. Psikologi Agama. Bandung, Penerbit Pustaka Setia. Cet. 3. Tahun 2018,
Fatiyah Hasan Sulaiman. Al-Madzhab Al-Tarbiwi ind Al-Ghozali. Kairo: Maktabah Misriyyah, tahun 1986.
Karman. Ayat-ayat Pendidikan. Bandung, PT Remaja Rosdakarya. Cet. 1. Tahun 2018.
M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah. Volume. 2.
M.Solihin, dan Rosyid Anwar; Akhlak Tasawuf Manuisa, Etika,dan Makna Hidup, Penerbit NUANSA, Bandung, 2005.
Muhaimin dan Abdul Mujib. Pemikiran Pendidkan Islam. Kerangka Operasional . Bandung, Trigenda Karya. tahun 1993, hal 154.
Muhaimin. Paradigma Pendidkan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung, PT Remaja Rosda Karya, Cet. 4. Tahun 2008. Hal 172-174.
Muhammad Syadid:Manhaj Al-Quran fi al-Tarbiyah, h. 6-10
Rahmat Najieb. Mewujudkan Keluarga Samara Sakinah Mawadadah, wa Rahmah. Bandung, Pers Persis. Tahun 2021, hal 46.
Sayid Sabiq. TT. Al-'Aqaid Islamiyah. Beirut: Darul Fikr.
Singgih D Gunarsa1989 dan Sjarkawi, tahun 1994 dalam MUhaimin. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung, PT. Remaja Rosda karya. cet. 4. Tahun 2008.
Tafsir Al Maroghi. juz
Tim Dosen IKIP Malang. Pengantar Dasar-dasar Kependidikan IKIP Malang, tahun 1981.
Ust. Aceng Zakaria, Ilmu Tauhid, Azkia Garut
Zakiah Darajat,dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta, Bumi Aksara Bekerja Sama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Depatemen Agama. Tahun 1994, hal. 35.
Zakiah Darajat. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung, PT. Remaja Rosda karya. cet. 11. Tahun 2014, hal 67.
Zuhairini,dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta, Penerbit Bumi Aksara Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, departemen Agama. Tahun1984, hal.29.
Published
2022-12-31
How to Cite
Hodijah N, E. (2022). REKONSTRUKSI PERAN ORANG TUA SEBAGAI MUROBBI DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI TAUHID PADA ANAK. Al - Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 4(2), 11-28. https://doi.org/10.51482/almujaddid.v4i2.75