KOMPARASI MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS MULTI LEVEL MARKETING MENURUT FATWA DSN-MUI NO 75 TAHUN 2009 (Studi Kasus Pada PT. Milagros Indonesia Megah dan Millionaire Club Indonesia Distributor Sumedang)

  • Abdul Hamid STAI Sebelas April Sumedang
Keywords: Manajemen Pemasaran Multi Level Marketing, Dewan Pengawas Syarih (DPS), Fatwa DSN-MUI No 75 Tahun 2009

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu gambaran tentang penerapan manajemen pemasaran Multi Level Marketing yang sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No 75 Tahun 2009, serta manfaat yang diperoleh jika manajemen pemasaran tersebut diterapkan oleh kedua perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan distributor Sumedang kedua perusahaan, pengamatan langsung pada manajemen pemasaran yang dilakukan distributor Sumedang kedua perusahaan serta telaah berbagai informasi dan dokumen kedua perusahaan.  Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan manajemen pemasaran pada PT. Milagros Indonesia Megah dan Millionaire Club Indonesia distributor Sumedang secara sistem kerja sudah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No 75 Tahun 2009. Namun dalam aspek legalitas ada yang belum memenuhi yaitu sertifikat dari Dewan Pengawas Syariah (DPS) dimana Dewan Pengawas Syariah (DPS) bertugas melakukan pengawasan terhadap proses manajemen pemasaran Multi Level Marketing agar tidak melenceg dari ketentuan-ketentuan syariah Islam. Tetapi ada suatu hal yang menyebabkan proses pembuatan sertifikat Dewan Pengawas Syaiah (DPS) menjadi terhambat sebagaimana yang terjadi pada salah satu perusahaan Multi Level Marketing yang diteliti.


Abstract views: 7 | PDF (BAHASA INDONESIA) downloads: 7

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ernie Trisnawati Sule dan Kurniawan Saefulloh, “Pengantar Manajemen”,Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2005
Tarmizi Yusuf,”Strategi MLM secara cerdas dan halal”,PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2000
Abdulsyani, Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan, Jakarta: Bumi Aksara, 1994
Rusydi Abubakar, “Manajemen Pemasaran”, Alfabeta, Bandung, 2018
James A.F. Stoner,”Manajemen”,PT Prenhallindo, Jakarta, 1996, hlm.7.
Fatwa DSN-MUI No.75/VII/2009
Alaiya Himawati, “Strategi Pemasaran Multi Level Marketing (MLM) Pada PT. Avail Elok Indonesia Distributor Jepara”,(Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Ulama Jepara, Skripsi Tidak diterbitkan, 2013) Dalam httpeprints.unisnu.ac.id29411.%20ROMAWI%20NEW.pdf. Diakses pada 12 Juli 2019 pukul 09.37 WIB
Ibnu Rijal Silmi, “Analisis Sitem Pemasaran Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) Pada PT. Aminareka Perdana Jakarta”, (Jurusan Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Skripsi ini tidak diterbitkan, 2013. Dalam http://www.repository.uinjkt.ac.iddspacebitstream123456789307001 IBNU % 20 RIJAL %20SILMI-FDK.pdf.Diakses pada 12 Maret 2020 Pukul 16.58 WIB
Ami Sholihati, “Tinjauan Hukum Islam Tentang Intensiv Pasif Income Pada Multilevel Marketing Syari’ah di PT. K-Link Internasional”, (Jurusan Muamalah IAIN Wali songo Semarang, Skripsi tidak diterbitkan, 2012). Dalam http://www.library-walisongo.ac. Iddigilibfilesdisk1137jtptiain-amisholiha-6816-1-082311001.pdf. Diakses pada 12 Maret 2020 pukul 17.00 WIB
Muhamad Amin, “Strategi Pemasaran MLM (Multi Level Marketing) Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada PT. Natural Nusantara Cabang Purwokerto)”, (Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Purwokerto, Skripsi tidak diterbitkan, 2016) dalam httprepository.iainpurwokerto.ac.id3021COVER_BABIBABV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. Diakses pada 12 Maret Pukul 17.15 WIB
Ayyudiana Niati Mufidah, “Bisnis Multi Level Marketing (MLM) K-Link Menurut Hukum Islam”. (Jurusan Hukum Bisnis Syariah UIN Maliki Malang, skripsi tidak diterbitkan, 2012) http://www.etheses.uin.malang.ac.idideprint1314. Diakses 12 Maret 2020 Pukul 17.20
Published
2020-06-30
How to Cite
Hamid, A. (2020). KOMPARASI MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS MULTI LEVEL MARKETING MENURUT FATWA DSN-MUI NO 75 TAHUN 2009 (Studi Kasus Pada PT. Milagros Indonesia Megah dan Millionaire Club Indonesia Distributor Sumedang). Al - Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 2(1), 21-43. Retrieved from http://jurnal.staisebelasapril.ac.id/index.php/almujaddid/article/view/35
Section
Articles